Jumat, 13 Desember 2013

Pokok Bahasan Selama Kunjungan ke Amerika 10



Dalam melatih diri yang penting harus memiliki keyakinan benar! Kita harus dapat membangkitkan keyakinan benar, keyakinan benar dan tidak benar bedanya amat besar! Guru sesepuh Aliran Sukhavati yang ke-10, Master Jie Liu berkata bahwa jika dapat membangkitkan keyakinan benar baru dapat terlahir ke Alam Sukhavati, sebaliknya jika tidak dapat membangkitkan keyakinan benar maka tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Ucapan beliau ini merupakan peringatan keras bagi kita, beliau berkata : “Jika anda tidak dapat membangkitkan keyakinan, bagaimanapun anda melatih diri, takkan dapat terlahir ke Alam Sukhavati! Jika tidak terlahir ke Alam Sukhavati maka pada kehidupan mendatang, anda akan menjadi kaya raya, karena anda memiliki harta berlimpah, maka tak terhindarkan dari melakukan perbuatan jahat. Memang benar! Orang kaya selalu berbuat jahat, makan minum dan bersenang-senang tidak termasuk di dalamnya, mempermainkan wanita, spekulasi…..beragam tindakan yang tidak benar, sampai pada perbuatan yang mencelakai nyawa orang lain, namanya juga orang kaya, bisa berbuat seenaknya.

Bagaimana dengan kehidupannya mendatang? Jatuh ke neraka! Maka semua ini berkaitan dengan karena tidak memiliki keyakinan yang benar, walaupun kehidupan kedua kaya raya, tetapi kehidupan ketiga jatuh ke neraka. Inilah istilah yang populer di kalangan Buddhisme yang disebut “menjalin permusuhan tiga masa kehidupan”.

Contohnya ada orang yang hidup semasa dengan saya, dia melanggar lima sila dan sepuluh kejahatan, melakukan banyak kejahatan lainnya, akhirnya jatuh ke neraka. Sedangkan diriku, walaupun giat melatih diri tetapi tidak memiliki keyakinan benar, maka adakah perbedaan antara dia dan saya? Bedanya cuma satu kelahiran saja. Dia jatuh ke neraka pada kehidupan ini juga, sedangkan saya pada kehidupan mendatang jadi kaya raya, kehidupan ketiga baru jatuh ke neraka. Dia hanya lebih awal selangkah masuk ke neraka, dan saya lebih lambat selangkah.

Maka itu, ini adalah hal yang harus kita waspadai. Kita jangan menganggap ada tidaknya keyakinan benar bukanlah masalah.

Yakinlah bahwa dengan membangkitkan keyakinan benar dan tekad untuk melafal Amituofo pasti akan membawa kita pada kelahiran ke Alam Sukhavati!  Sebaliknya jika anda gagal terlahir ke Alam Sukhavati, maka pada kelahiran mendatang, oleh karena jasa kebajikan yang anda kumpulkan pada kehidupan sekarang ini, maka anda menjadi kaya raya di kehidupan mendatang, dan takutnya inilah harapan anda semua, tetapi kalian jangan lupa bahwa betapa berbahayanya hidup dengan bergelimangan harta! Resiko yang akan anda hadapi sungguh besar!

Maka itu saya ingin menasehati anda semuanya untuk membangkitkan pikiran benar! Harus yakin bahwa jiwa sejati diriku dan Buddha Amitabha adalah sama dan tiada bedanya, hanya saja Buddha Amitabha telah mencapai penerangan sempurna dan kita masih tersesat! Walaupun kenyataannya saya bukan Buddha Amitabha, dan saya masih berada dalam kesesatan, tetapi melalui metode pelafalan Amituofo, sehingga hati sejati kita dan Hati Buddha Amitabha, ibarat dua buah pelita, yang satu adalah milik sendiri, yang satunya lagi adalah milik Buddha Amitabha, dua buah pelita ini, saat saya melafal Amituofo, pelita ini akan menyala, maka bukankah pelita milik Buddha Amitabha ada di dalam terangnya cahaya pelita milik kita?

Maka itu Buddha Amitabha ada di dalam hatiku, di manakah diriku? Saya juga berada di dalam terangnya cahaya pelita milik Buddha Amitabha! Saya juga berada di dalam Hati Buddha Amitabha! Maka itu, hubungan kita dan Buddha Amitabha adalah membaur jadi satu, tak terpisahkan. Diriku dan Buddha Amitabha tiada bedanya, walaupun sekarang masih belum terwujud, tetapi setelah melalui melafal Amituofo maka anda akan menemukan Jiwa KeBuddhaan, maka itu terlahir ke Alam Sukhavati.

Terlahir ke Alam Sukhavati bukan untuk mendapatkan kesenangan, tetapi demi mewujudkan tekad kita untuk menyelamatkan para makhluk, saat kini saya masih tersesat dan terombang ambing. Bagaimana mungkin saya bisa mencerahkan orang lain? Jika ingin menyadarkan orang lain, maka terlebih dulu kita sendiri harus sadar, hanya ketika kita telah bertemu Buddha Amitabha dan mendengar pembabaran Dharma dariNya, menyadari tiada kemunculan, barulah kita dapat mencerahkan insan lain, ini barulah dapat memberi manfaat kepada semua makhluk.

Demi mewujudkan tekad ini maka kita bertekad lahir ke Alam Sukhavati. Maka itu kita harus melihat seluruh yang ada di alam ini dengan perasaan hambar, sedangkan terhadap kelahiran di Alam Sukhavati, kita harus memiliki keyakinan dan tekad sepenuhnya, melafal Amituofo dengan setulusnya, pasti terlahir ke Alam Sukhavati! 

Dikutip dari ceramah Upasaka Huang Nianzu
Judul : Pokok Bahasan Selama Kunjungan ke Amerika




 咱們大家修行,一定要生正信哪!我們要生正信,正信和不正信差別很大!截流大師的話:你生正信的話,才可以往生極樂世界,你要不是正信的話,就往生不了。他提出來這一點非常尖銳!對我們有很大的警告,他說:你不能生正信,你這麼修,往生不了!來生你就會大富貴,大富貴就不免要造很多業。確實!有錢的人就做許多壞事,吃喝玩樂不算,玩弄婦女、投機倒把……種種不法的行為,甚至於傷天害理都幹,大富貴嘛,就會有這些事情來了。這些事情來了,在下一輩子又怎麼樣呢?入地獄!那麼,這就跟我們這一生沒有正信有關,雖然來生富貴,可第三生卻入地獄。這叫什麼?佛教有個術語,叫“結三世冤”。你給第三世的冤從這就結下來了,所以“結三世冤”。比如跟我同一世的一個人,他犯“五逆十惡”之罪,做出種種的不法之行,結果是入地獄。如果我雖修行但沒有正知見,那我跟他能差多少呢?就差一輩子的事。他是這輩子就入地獄了,而我是下輩子富貴,再下輩子入地獄。只是他早進去一步,我後進去一步罷了。所以,這是我們需要警惕的事。我們不要覺得有沒有正知見,這無關緊要。要知道這個生死輪迴,現在有許許多多的事實證明了的,而我們這個“信、願、持名”是決定往生啊!你往生不了,等來生就會因為今生的功德而得富貴,這恐怕是大家所求的,但你可不知道富貴之後的危險有多大哪!這危險是非常大呀!

所以,我要勸大家,一定要生正信!要相信:自己的本心跟阿彌陀佛的本心是無二無別的,只是阿彌陀佛是已經徹底的覺悟了,我還在迷呀!我現在可確實不是阿彌陀佛,我在迷之中,雖然我是在迷之中,可是我通過念佛,使自心跟阿彌陀佛的心,就像兩盞燈,一個燈是自己,一個燈是阿彌陀佛,這兩個燈都著了,我念佛的時候,燈不就著了嗎,那麼阿彌陀佛這個燈不就在我們這個燈光裏嗎!所以,阿彌陀佛就在我的心裏頭,我在哪兒?我也在阿彌陀佛的燈光裏頭嗎!我也就在阿彌陀佛的心裏頭嗎!所以,我們跟阿彌陀佛就像水跟牛奶的關係一樣,都摻合於一塊了。牛奶中全部都是水,水裏頭也全是牛奶,是牛奶就是水,是水就是牛奶,你不能再分,哪兒是水哪是牛奶了。我們跟佛的關係是:我們這個光,即是佛的光,也是我們的光,我們這跟佛沒有分別。雖然現在不是,但你通過念佛,你就是了。“如來悉知悉見”,所以就得到往生。得到往生不是為了求安樂,而是為了實現我要度眾生的這個真實的志願。我自己還不覺悟,還是迷迷糊糊。我怎麼能夠去覺醒別人呢?要覺他就必須要自覺。只有在真正見了阿彌陀佛,聞法悟無生,這才真正能夠覺他,真正才能饒益大眾,利益法界眾生。為了這個願,我們才求往生。所以我們帶著這個欣厭心,對於這個世界上的一切東西,我們要全都看淡,而對於往生要信仰懇切,老實念佛決定往生!


摘自:訪美雜談
 黃念祖老居士主講